Link Sponsor

Friday, June 4, 2010

Berbisnis Tanaman Bonsai Cantik

Bonsai merupakan miniatur dari tanaman atau pohon yang dikerdilkan. Bonsai masih menjadi tanaman yang diminati masyarakat. Selain bentuknya memang unik, bonsai juga memiliki karya seni tinggi. Banyak masyarakat yang menjadikan bonsai sebagai salah satu koleksi untuk menghias rumah. Fungsi dari bonsai sendiri selain sebagai penghias rumah juga mampu menjadikan udara di rumah menjadi segar dan sehat. Dengan fakta seperti itu, maka menjadikan bonsai sebagai ladang usaha merupakan sebuah hal yang brilian. Pembuatan tanaman bonsai sendiri memerlukan waktu yang cukup lama.

Hal itu karena dalam pembuatannya melibatkan berbagai macam pekerjaan antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot dan tanah. Dalam praktiknya, pembentukan pada pohon bonsai dilakukan dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Dan timing yang tepat saat mengambil kawat sebelum menggores kulit ranting pohon menjadi salah satu hal yang penting dalam pembentukan pohon bonsai.
Untuk memulai menjalankan bisnis ini, hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan tanaman bonsai yang nantinya akan Anda jual.

Mempelajari tentang seluk beluk bonsai dari buku, majalah, dan internet juga menjadi hal terpenting agar pengetahuan tentang bonsai bisa maksimal. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan tempat untuk memajang atau galleri yang apik, cantik, dan elegan. Hal tersebut akan menambah daya tarik bisnis bonsai yang Anda tekuni. Menyiapkan media berupa pupuk dan berbagai peralatan perawatan harus diperhatikan, karena pupuk yang baik dapat bepengaruh terhadap kualitas bonsai.

Dalam menjalankan usaha pastilah ada hambatan yang akan menghadang. Dalam menjalankan bisnis ini, hal yang bisa menjadi hambatan antara lain penyakit tanaman yang bisa sewaktu-waktu menyerang. Kemudian hama yang bisa mengganggu pertumbuhan bonsai. Selera konsumen yang mudah berubah juga menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik. Dan agar hal tersebut bisa diantisipasi maka perlu diadakan survey terhadap keinginnan pembeli.

sumber : http://bisnisukm.com/

No comments:

Post a Comment