Link Sponsor

Friday, June 4, 2010

Berkreasi Dalam Bisnis Dekorasi Acara

Dekorasi acara yang dimaksud disini adalah memberikan service jasa dalam segi penataan panggung, dekorasi sekitarnya dan background yang dilengkapi tulisan tema acara dan pembicara. Kreatifitas dan pengalaman menjadi syarat utama kita menghadapi situasi acara yang tentunya bisa saja berlainan temanya. Dekorasi acara berbeda dengan dekorasi rumah biasa menyangkut penataan panggung, background yang biasanya dilengkapi dengan spanduk bertuliskan tema acara dan pembicara.

Jika Anda ingin terjun dalam bisnis dekorasi acara, Anda harus bisa membuat konsep dan tahapan dalam acara untuk menunjang pekerjaan ini. Perusahaan, sekolah atau bahkan perguruan tinggi, panitia seminar, seseorang atau keluarga yang mengadakan hajatan atau pesta yang memerlukan dekorasi serta panggung adalah merupakan konsumen, target atau lahan bisnis Anda dalam mencari peluang usaha dekorasi acara.

Berbisnis jasa sepanjang masa ini cukup mudah, hanya membutuhkan kratifitas kita atau seseorang yang bisa kita bayar untuk itu. Kadang bahkan konsep paggung sudah ditentukan penyewa jasa kita sehingga kita hanya mengikuti keinginan mereka saja. Kumpulkan ide-ide dekorasi acara atau hadirilah beberapa acara untuk mendapatkan ide atau referensi, bila perlu mendokumentasikannya. Buatlah sample atau contoh berupa foto atau video dekorasi panggung sehingga calon pengguna layanan kita dapat memilih, mengkonsultasikan dan membayangkan konsep yang Anda jual nantinya.

Belum begitu banyak yang mengenal bisnis ini, sehingga kita perlu mensosialisasikan ke masyarakat luas, karena untuk perusahaan besar biasanya sudah mengenal bisnis ini dan mempunyai langganan. Persaingan usaha dekorasi acara tidak sedikit seperti wedding organizer, panitia acara, tetapi Anda tidak perlu takut jika Anda memang memiliki kreatifitas dan bakat dalam dekorasi acara. Yakinlah pasti Anda nantinya akan mendapat pelanggan dan tentunya penghasilan dari pekerjaan sebagai dekorasi acara.

Kunci sukses untuk berbisnis jasa dekorasi acara adalah sebaiknya menjalin kerjasama dengan event organizer dan semacamnya agar pada saat ada acara, mereka menggunakan jasa Anda meski hanya untuk dekorasi di panggung saja. Anda juga bisa membuat proposal dan menghubungi perusahaan-perusahaan sehingga mereka mengenal bisnis Anda dan bisa menjadi pelanggan Anda tentunya.


sumber : http://bisnisukm.com/

No comments:

Post a Comment