Link Sponsor

Saturday, June 5, 2010

Bisnis Penjualan Barang Bekas

Barang bekas atau second saat ini banyak menjadi incaran kalangan masyarakat. Adanya krisis di berbagai sektor ekonomi di negeri ini menjadikan jual beli barang bekas menjadi semakin semarak. Meskipun banyak anggapan barang bekas sebagai barang sampah, namun kenyataan dewasa ini barang bekas atau second seakan menjadi primadona di kalangan umum. Barang-barang elektronik, otomotif, meubel, bahkan barang-barang konveksi paling mendominasi dalam bisnis jual beli barang second atau bekas. Dan dalam melakukan jual beli barang bekas tersebut ternyata juga memiliki aturan main yang berlaku terutama dalam menaksir barang tersebut. Misalnya produk elektronik, harga untuk barang bekas hanya 60-70 % dari harga pasar.

Dalam memulai usaha ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain harus mengetahui dan terampil dalam menaksir harga beli barang bekas dan dapat bekerjasama dengan juru taksir/ ahlinya. Pengetahuan tentang jaringan kulakan atau penjual barang bekas juga menjadi hal yang penting agar kita bisa mendapatkan barang murah dan mudah dalam mendapatkan pasokan barang bekas. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah manajemen toko/ usaha yang baik harus dimiliki ketika hendak menjalankan usaha ini.

Menjalankan sebuah usaha pastilah akan ditemukan beberapa kendala atau hambatan yang sejalan beriringan. Dalam usaha ini, susahnya mendapatkan barang bekas yang kondisinya masih bagus menjadi hal yang harus diperhatikan. Selain itu juga, sudah banyaknya pesaing yang menjalankan bisnis ini juga harus menjadi salah satu pertimbangan unutk memikirkan strategi yang bagus menghadapi persaingan tersebut.

sumber : http://bisnisukm.com/

No comments:

Post a Comment